Senin, 08 Maret 2010

Komputer Rakitan VS Komputer Build up (Paketan)

komputer rakitan yang baikDiera 80-an kebawah, "komputer rakitan" belum setenar hari ini. Saat itu komputer build up masih merajai dunia komputer. IBM adalah salahsatu pabrik yang memproduksi komputer saat itu, kemudian menyusul yang lainnya seperti HP dan Apple.

Setelah ditemukannya komputer generasi ke empat dan model komputer PC (Personal Computer), maka harga komputer menjadi turun dan memungkinkan setiap orang dapat memilikinya.

Entah kapan awal mulanya komputer rakitan mulai dikenal di masyarakat. Yang membedakan komputer rakitan dengan komputer build up (paketan) adalah merek hardware yang digunakan. Komputer rakitan bisa memiliki beberapa merk dalam komponennya. Sedangkan komputer Build up hanya memeliki satu merek saja, yaitu merek pabrikannya.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Komputer rakitan bisa dirakit sesuai kebutuhan dan keuangan kita. Sedangkan komputer build up memiliki komponen dan harga yang ditetapkan oleh pabriknya. Dari segi GARANSI, nampaknya komputer build up lebih unggul karena semua komponennya memiliki lama garansi yang sama. Sedangkan untuk komponen komputer rakitan, garansi berdasarkan masing2 hardware.

Kalau berbicara kualitas, komputer rakitan masih bisa bersaing tergantung siapa yang merakitnya. Orang yang sudah ahli bisa merakit komputer yang kualitasnya hampir sama dengan kualitas komputer build up. Akan tetapi kualitas komputer build up bisa lebih terjamin kayaknya.

Itulah sedikit cerita pertarungan komputer rakitan dengan komputer build up di kancah dunia komputer. Pilihan anda untuk menggunakan komputer mana yang akan diidolakan tergantung kepada budget dan kebutuhan anda terhadap komputer. anda pun bisa membaca cara merakit komputer hemat. Semoga bermanfaat.

Jika anda tertarik dengan artikel-artikel blog ini, jangan lupa untuk berlangganan update tips komputer terbaru atau mem-bookmark blog ini pada browser anda. terima kasih.

54 komentar:

  1. Mending Rakit sendiri

    lebih ekonomis:D

    BalasHapus
  2. Saya beli pc 2nd baru setahun dah rusak ga bs diservice katanya mobo nya rusak hrs ganti.kasih saran enaknya beli build up pa rakitan.cuma buat office dan browsing.pengen nyari yg awet.salam blogger

    BalasHapus
  3. kalo mampu beli yg pabrikan yaaa itu aja mendingan...tp yg budget terbatas tp mau yg resolusi canggih coba lah ke jangkrik

    BalasHapus
  4. Artikel yg mantap mas,, klo sya pake comp rakitan yg serba bekas neh he

    BalasHapus
  5. Thanks for sharing. Its good to see fresh content always.

    BalasHapus
  6. kumpulan artieklnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  7. kumpulan artikelnya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  8. semua itu bagus asal bisa menguntungkan buat pengunanya

    BalasHapus
  9. yang penting jalan saja komputernya

    BalasHapus
  10. kunjungan pagi mantap deh artikelnya

    BalasHapus
  11. kunjungan siang setelah membaca artikelnya bermanfaat di tunggu artikel selanjutnya makasih

    BalasHapus
  12. kunjungan pagi yang sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  13. tipsnya sangat bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  14. artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  15. tinggal pinter2 pilih spek dan merk serta budget, komputer rakitan is ok

    BalasHapus
  16. bermanfaat dan menambah wawasan saya artiekelnya

    BalasHapus
  17. sangat menarik sekali artikelnya gan.

    BalasHapus
  18. semua komputer bagus asal bisa di pakai dan bermanfaat itu sudah lebih dari cukup

    BalasHapus
  19. saya punya komputer di rumah yang satu build up yang satu lagi rakitan tapi harga yang rakitan lebih mahal daripada build up karena saya mau yang kualitas terbaik memang harga tidak bisa bohong rakitan lebih unggul...........

    BalasHapus
  20. biasakanlah untuk selalu menggunakan merek asli jangan pernah membeli rakitan karena kita akan dibodohi oleh toko tempat penjualan komputer itu.

    BalasHapus
  21. aku tidak pernah menggunakan komputer pc soalnya punya laptop 14'' dan 10'' jadi bisa dibawa kemana mana

    BalasHapus
  22. menurut agan lebih bagus mana komp rakitan atau build up mungkin menjadi referensi saya dalam membeli komp yang awet dan berkualitas,makasih atas infonya

    BalasHapus
  23. informasi yang bagus bisa jadi pedoman buat saya dalam menentukan pilihan nanti,thanks yah gan atas info dan solusinya

    BalasHapus
  24. jaman saya sekolah tidak ada yang namanya rakitan ataupun build up tuh

    BalasHapus
  25. terimakasih informasi yang sangat bermanfaat , tingkatkan lagi

    BalasHapus
  26. Terima kasih gan untuk infonya, sangat bermanfaat...

    BalasHapus

komentar ini dofollow, mohon tidak SPAM

Berlangganan

masukan alamat email anda untuk mendapatkan update tips komputer terbaru lainnya disini :

Delivered by FeedBurner