Selasa, 02 Juni 2009

Tips Menyimpan Data Aman dari Virus

tips menyimpan dataMenyimpan data merupakan suatu kegiatan yang pasti dan harus dilakukan oleh pengguna komputer. Biasanya data disimpan pada harddrive seperti harddisk, disket, flashdisk dll. Tapi bagaimana jika data yang disimpan itu diserang oleh virus? Ini adalah sebuah masalah besar.

Saat ini perkembangan virus semakin menjadi-jadi. Namun kita pun harus cerdas menyikapinya. Salah satunya ialah dengan menggunakan antivirus. Namun kelemahan antivirus ini adalah terkadang data yang diserang virus tak bisa terselamatkan. Oleh karena itu, berikut ini ada sedikit tips bagaimana menyimpan data supaya aman dari virus. Dan tips ini saya rasa sangat cocok untuk penyimpanan pada flashdisk.

Pertama. Compres data yang ingin kita simpan ke flashdisk menggunakan winzip atau winrar. Karena virus tidak bisa menginfeksi file yang terdapat dalam file *.zip.

Kedua. Simpanlah data (terutama hasil ketikan) anda dengan forman *.txt, caranya ialah dengan masuk ke program notepad, lalu masukan hasil ketikan dan save. Virus pun tidak bisa menginfeksi file dengan format *.txt

Ketiga, simpanlah data dengan format html, caranya ialah dengan meng save as dokumen, lalu rubah type file nya menjadi html.

Itulah sedikit tips bagaimana cara aman menyimpan data dari serangan virus. Semoga bermanfaat.


87 komentar:

  1. sepi euy ..........

    mudah-mudahan cepat rame.. amien....
    cerpen dan puisi

    BalasHapus
  2. makasih banget nich atas tipsnya. dari 3 langkah diatas, ane cm baru ngelakuin 1 langkah yaitu no1 doang...

    BalasHapus
  3. salam kenal .
    makasih yaa buat tipsnya .
    dicoba .

    BalasHapus
  4. kalo filenya dalam bentuk html, apa nanti ga ke makan virus mas. tapi ngomong2 kayaknya file rar masih lebih aman dari file zip deh.
    btw thanks untuk sharingnya

    BalasHapus
  5. virus emang hal yang menyebalkan . . . .

    BalasHapus
  6. mantap sekali nih gan informasinya sangat bermanfaat gan

    BalasHapus
  7. tips nya mantap sekali nih gan , sangat berguna sekali gan , makasih banyak buat infonya

    BalasHapus
  8. Nitip link yah gan. Thanks. Salam kenal gan.

    BalasHapus
  9. saya baru tau kalo zip bsa meldungi dari virus...
    gx bakalan kebobolan juga tu??

    BalasHapus
  10. kalo file bervirus ada didalam format .rar bisa terdeteksi tidak?

    BalasHapus
  11. makasih atas infonya, sangat membantu.

    salam kenal juga buat semua

    BalasHapus
  12. Tips sederhana tapi memang cukup ampuh melindungi

    BalasHapus
  13. owh gt yach gan..
    thanks yach buad sharenya..

    BalasHapus
  14. oh makasih gan tipsnya..
    sangat berguna..

    BalasHapus
  15. trik yang bermanfaat.. apalagi buat yang sering terganggu dengan kehadiran virus yang sewaktu waktu bisa mengancam keamanan dan kenyamanan kita tanpa diduga..

    akan saya coba praktekan..

    semoga artikel ini bermanfaat juga buat rekan lain..

    salam sahabat :)

    BalasHapus
  16. Trik yg bagus...cukup membantu infonya

    BalasHapus
  17. Terimakasih atas informasinya. Satu lagi solusi adalah simpan file anda di cloud computing secara virtual. Dengan demikian anda bisa recover data dengan cepat.

    BalasHapus
  18. jadi member blog q ya teman2..
    dannywardaya.blogspot.com
    atau follow
    nanti follow baxk..
    ok

    BalasHapus
  19. thanks informasinya gan... ijin share gan...

    BalasHapus
  20. tips yang bagus ... terimakasih

    BalasHapus
  21. tipsnya berguna banget nich...

    makasih ya!!

    BalasHapus
  22. hmmmm...kalo tau blog ini, mungkin data ane ga kenaa virus kemarennn...sediiiihhh jadinya

    BalasHapus
  23. jadi di ZIP ini bisa jadi aman yah ?

    BalasHapus
  24. memang virus ga bisa baca txt / html ya//
    gimana nti setelah kita simpan di format itu lalu mau di buka lg dokumennya jg ngaco semua ya posisinya

    BalasHapus
  25. ilmu yang cukup bermanfaat juga....

    BalasHapus
  26. bener juga gan aq juga sering tuh melakukan extract file ke format.zip

    BalasHapus
  27. Terima Kasih atas Tipsnya Gan..................
    Mampir juga ke blog saya ini.
    Thanks/...........

    BalasHapus
  28. winrar ya bos? makasih dah infonya menarik dan menambah ilmuku

    BalasHapus
  29. terimakasih banyak gan atas informasinya,,,

    BalasHapus
  30. sangat bermanfaat banget sob

    BalasHapus
  31. Thank atas info bagus nya masbro. Akan saya coba di komputer rumah.

    BalasHapus
  32. bener tuh pake winrar bisa minimalkan dari virus.
    tks

    BalasHapus
  33. tipsnya bagus banget mantap banget deh

    BalasHapus
  34. tipsnya sangat bermanfaat untuk saya makasih

    BalasHapus
  35. tipsnya sangat bermanfaat sekali untuk saya makasih

    BalasHapus
  36. tipsnya sangat bermanfaat sekali buat saya makasih

    BalasHapus
  37. Salam Kenal
    Tampilan blognya sangat menarik dan juga thank's untuk infonya
    aku tunggu info-info lainnya

    BalasHapus
  38. artikelnya sangat membantu saya sekali makasih

    BalasHapus
  39. oh makasih banyak tipsnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  40. Ada tips lagi gan, lebih baik pakai linux osnya karena linux lebih susah kena virus

    Kerajinan Lampu Hias Bulat

    BalasHapus
  41. makasih tipsnya sungguh sangat membantu saya sekali

    BalasHapus
  42. kumpulan tipsnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  43. wah mantap banget infonya . maaksih banyak gan

    BalasHapus
  44. Banyak manfaat yang saya dapat dari sini

    BalasHapus
  45. Thanks atas informasinya dan saya akan membagikannya ke seluruh sahabat saya di seantero jagad maya nasional

    BalasHapus
  46. Akhirnya saya temukan cara jitu untuk simpan data,makasih yah gan dan saya akan mengajak rekan rekan untuk mengikuti cara ini

    BalasHapus
  47. trik yang bermanfaat.. apalagi buat yang sering terganggu dengan kehadiran virus yang sewaktu waktu bisa mengancam keamanan dan kenyamanan kita tanpa diduga..
    terima kasih bro dan salam kenal

    BalasHapus
  48. Thank atas info bagusnya,akhirnya saya temukan cara jitu untuk simpan data,akan saya coba di komputer jinjing dan btw tampilan blognya sangat menarik,sekali lagi makasih yah gan

    BalasHapus
  49. Agan boleh kasih pertanyaan kalau pake OS Linux itu bagaimana yah?? sama sama rumit sih untuk dibobol oleh virus....

    BalasHapus
  50. knp ya yg aman kok cuma .txt dan .html?

    BalasHapus
  51. Dengan cara ini .. Data ku bisa aman ...

    BalasHapus

komentar ini dofollow, mohon tidak SPAM

Berlangganan

masukan alamat email anda untuk mendapatkan update tips komputer terbaru lainnya disini :

Delivered by FeedBurner